khilafah

Posted: January 13, 2011 in kumpulan ilmu islam

menyongsong ABAD KHILAFAH

Assalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

Pembaca yang budiman, dunia hari ini sesungguhnya sedang disuguhi dua fenomena yang saling kontradiktif. Pertama: Merosotnya pamor ideologi Kapitalisme-sekular di pentas global. Hal ini ditandai oleh makin merosotnya peran sekaligus pengaruh negara-negara Barat sebagai pengusung ideologi ini. AS, misalnya, pengemban utama ideologi Kapitalisme, saat ini sedang menunggu kejatuhannya. Kejayaan dan kedigdayaannya sudah berlalu. Pengaruhnya makin menyusut. Pamor ideologinya terus melorot. Ekonominya rontok. Kekuatan militernya pun ’babak-belur’, bukan oleh kekuatan negara, tetapi oleh kekuatan kelompok bersenjata, seperti Taliban. Lalu bagaimana jika melawan kekuatan sebuah negara? Walhasil, inilah akhir ’Abad Amerika’!

Kedua: Kontras dengan yang pertama, pada saat yang sama, pamor Islam terus menanjak, bukan hanya di Dunia Islam, bahkan di negeri-negeri Barat sendiri. Di Dunia Islam, menurut salah satu survey terbaru, mayoritas kaum Muslim di negeri-negeri Islam menghendaki peran Islam yang lebih menonjol di bidang politik. Bahkan seruan penegakkan syariah dan Khilafah terus menggema di negeri-negeri Muslim. Di Barat sendiri, tren orang-orang non-Muslim masuk Islam terus meningkat, khususnya di kalangan menengah. Masuk Islamnya adik ipar mantan PM Ingggris Tony Blair hanyalah secuil fenomena. Tidak berlebihan jika harus dikatakan, bahwa inilah era kebangkitan kembali Islam, terutama dilihat dari aspek ideologi dan politik.

Khusus terkait dengan isu syariah dan Khilafah, telah lama para analis Barat, juga para pemangku kebijakan di Eropa maupun Amerika, memprediksi bakal munculnya kembali apa yang mereka namakan sebagai ’Imperium Islam’. Sebagian bahkan menyebut, kelahiran kembali Khilafah adalah realitas yang sulit untuk ditolak.

Al-Wa’ie kali ini sengaja mengangkat dua fenomena menarik ini dan mengulasnya secara lebih mendalam dan tajam. Tema ini terutama diilhami oleh—bahkan banyak merujuk pada—sebuah buku karya Abu Abdullah yang berjudul Emerging World Order The Islamic Khilafah State Buku ini secara optimis dan logis menunjukkan fakta-fakta akurat yang mendukung dua fenomena di atas, yang tentu amat menarik untuk dikaji. Di seputar itulah tema utama al-Wai’ie kali ini, selain bahasan menarik lainnya. Selamat membaca!

Wassalâmu‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s